Pengusaha Kaget dengan Sosok Mendag Baru Pilihan Jokowi

Pengusaha Kaget dengan Sosok Mendag Baru Pilihan Jokowi - Hallo sahabat Berita Indonesia Hari Ini, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengusaha Kaget dengan Sosok Mendag Baru Pilihan Jokowi, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Indonesia, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengusaha Kaget dengan Sosok Mendag Baru Pilihan Jokowi
link : Pengusaha Kaget dengan Sosok Mendag Baru Pilihan Jokowi

Baca juga


Pengusaha Kaget dengan Sosok Mendag Baru Pilihan Jokowi

Jakarta, CNBC Indonesia -

Pilihan menteri tim ekonomi Kabinet Indonesia Maju, terutama posisi Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto cukup mengejutkan kalangan pengusaha.

Menurut Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bidang Properti dan Kawasan Ekonomi Sanny Iskandar mengatakan karena masih kurang dikenal, perlu ada proses pemahaman dan merintis kedekatan dengan pengusaha.

"Yang agak surprise posisi mendag. Tadinya sudah cukup santer informasinya Mahendra Siregar, dan kami sangat yakin beliau dengan pengalamannya sebagai ketua BKPM, Wamendag, dan Dubes Indonesia di AS. Sudah ada pembicaraan dengan Apindo bagaimana mengerek barang dari Indonesia ke AS. Tapi ternyata ada perubahan," kata Sanny kepada wartawan, Rabu (23/10/2019).

Menurut dia hubungan menteri perdagangan dengan dunia usaha sangat penting, terutama karena pemerintah ingin meningkatkan ekspor dan meringankan defisit neraca transaksi berjalan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Ban Indonesia Aziz Pane juga menyatakan terkejut dengan menteri perdagangan terpilih. Pasalnya yang menduduki jabatan tersebut adalah pengusaha sekaligus politisi.

"Saya yang ragu politisi di perdagangan. Untuk anggaran enak loh, satu izin impor saja dicabut, berapa?" katanya.

Aziz mengatakan di posisi mendag seharusnya ditempati oleh profesional, bukan dari politisi. Meski demikian dia menghargai pilihan-pilihan Presiden Joko Widodo, yang berani menempatkan orang-orang muda dalam jajaran kabinetnya.

Sementara itu, Ketua Kadin Indonesia, Rosan P Roeslani meyakini komunikasi Agus dan pelaku usaha dapat berjalan baik. 

"Beliau adalah seorang pengusaha sukses selama ini dan akan mendengarkan masukan dari Kadin baik mengenai bagaimana meningkatkan perdagangan," kata Rosan di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (23/10/2019.

Rosan sempat berbincang dengan Agus di kantor Kemendag sesudah pelantikan. Ia mengaku pembicaraan keduanya berkaitan dengan perdagangan luar negeri.

"PR nya ada nih partnership RCEP, IA-CEPA yang ditergetkan rampung tahun depan. Jadi ya tentu kita dunia usaha akan dukung penuh [...] Kalau saya lihat tadi seluruh jajaran akan dukung penuh, dan Insya Allah hasil yang cukup baik dicapai Pak Enggar, kita harus apresiasi bisa ditingkatkan kembali oleh Pak Agus," kata Rosan.

Selain itu, Rosan berharap pada 100 hari ke depan, Kemendag dapat melakukan skala prioritas dan menjaga momentum dari perang dagang AS-China.

"Momentum ada baik di tekstil yang meningkat sampai 30% dan mark perdagangan bisa tercapai. Asosiasi garmen saja sampaikan dalam lima tahun akan meningkat lima kali lipat. Saya rasa kita harus punya skala prioritas dan apa yang bisa kita manfaatkan," kata Rosan.

"Paling penting juga kita bisa mendapatkan flow jadi GSP dari AS, itu bisa kita dapatkan. Kita menjanjikan beli kapas dari mereka, karena kita tidak bisa produksi, itu resiprokal yang kita tawarkan dari kunjungan kami bulan lalu. Momentum tepat untuk program kita di garmen," tambah Rosan.

Agus Suparmanto merupakan politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Selain itu, ia adalah Ketua Umum PB Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) 2018-2022. Di bawah kepemimpinannya, Ikasi tengah bersiap berkompetisi di SEA Games 2019.

Nama Agus memang kurang friendly di publik termasuk di kalangan pengusaha. Informasi soal Agus relatif minim. Namun, Agus merupakan Direktur Utama PT Galangan Manggar Billiton (GMB), sebuah perusahaan galangan kapal di Belitung Timur.

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)

Terimakasih telah berkunjung berita tentang Pengusaha Kaget dengan Sosok Mendag Baru Pilihan Jokowi. Jangan lupa share dengan hepi. Salam Berita Indonesia Hari Ini
Sumber lengkap : https://www.cnbcindonesia.com/news/20191023195716-4-109569/pengusaha-kaget-dengan-sosok-mendag-baru-pilihan-jokowi


Demikianlah Artikel Pengusaha Kaget dengan Sosok Mendag Baru Pilihan Jokowi

Sekianlah artikel Pengusaha Kaget dengan Sosok Mendag Baru Pilihan Jokowi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengusaha Kaget dengan Sosok Mendag Baru Pilihan Jokowi dengan alamat link https://beritaindonesiahari-ini.blogspot.com/2019/11/pengusaha-kaget-dengan-sosok-mendag.html

0 Response to "Pengusaha Kaget dengan Sosok Mendag Baru Pilihan Jokowi"

Posting Komentar